Iklan Header Bone Terkini

Ingin Berhenti Merokok? Ikuti 7 Tips Ini

7 tips agar berhenti merokok


BONE TERKINI, BONE - Rokok. Yah, Kita sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini. Saat ini kita sering menjumpainya di kehidupan sehari-hari kita. Barang yang sering dihisap masyarakat ini mungkin telah kita anggap sepele tapi jika kita telusuri lebih jauh, rokok mengandung banyak sekali bahan kimia berbahaya seperti Nikotin, Tar, Sianida, Benzene, Cadmium, Metanol, Asetilena, Amonia, Farmaldehida, dan masih banyak lagi.


Bahan kimia yang terkandung dalam rokok juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan, batuk kering, hingga nyeri pada paru-paru. Selain itu, rokok juga dapat menyebabkan sakit paru-paru, serangan jantung, stroke, kanker, impotensi, dan gangguan kehamilan.

Terus bagaimana kalau kita sudah menjadi pecandu rokok? bagaimana cara agar dapat berhenti merokok? Nah mungkin sebagian pecandu rokok tidak dapat langsung berhenti merokokkan? Untuk mengatasi masalah tersebut, ini ada beberapa metode dan tips untuk berhenti merokok secara bertahap:

1. Memotivasi diri untuk berhenti merokok
Untuk berhenti merokok pastinya harus ada kemauan dari diri sendiri dong. Nah anda bisa mulai dengan cara memotivasi diri anda untuk berhenti merokok. Contoh , "Jika saya berhenti merokok maka saya akan membeli motor baru." anda dapat mengulang perkataan tadi dan membayangkan bagaimana mana jika anda telah berhenti merokok. Tentu itu dapat memotivasi diri anda.

2. Menentukan berapa lama proses untuk berhenti merokok

Anda juga harus menentukan berapa lama proses ini berlangsung. Contoh 1 bulan. Jadi saat sudah mencapai tanggal yang ditentukan, jangan lagi menyentuh apalagi menghisap rokok.


3. Mengurangi jumlah rokok yang dihisap

Tentu anda tidak dapat langsung berhenti merokok jian anda sudah menjadi pecandu rokok ya kan? Nah dengan cara ini anda tidak harus berhenti merokok tetapi anda cukup mengurangi jumlah rokok yang anda hisap. Contoh Minggu ini 2 bungkus, minggu depan 1 bungkus, minggu depannya lagi 1 batang per hari, dan minggu berikutnya berhenti total.

4. Perbanyak kegiatan positif dan berpikir positif 

Dengan mengisi waktu luang anda seperti membaca buku, nonton bareng keluarga, olahraga, d.l.l. anda mungkin bisa menghilangkan rasa keinginan anda terhadap rokok. Anda juga dapat berpikir bahwa rokok itu berbahaya agar anda dapat menghilangkan rasa ketergantungan terhadap rokok.

5. Mengganti rokok dengan makanan dan perbanyak minum air putih

Anda juga bisa mengganti kebiasaan merokok anda dengan memakan makanan seperti kripik, permen, kue, d.l.l.

6. Berkumpul dengan mereka yang tidak merokok dan menghindari area asap rokok

Berkumpul dengan mereka yang tidak merokok juga dapat menjadi metode untuk berhenti merokok tapi bukan berarti kita tidak boleh untuk berkumpul dengan mereka yang merokok. Setidaknya hindari asap rokok ketika anda sudah mulai untuk berhenti merokok.

7. Minta dukungan dari orang-orang disekitar

Ada baiknya jika anda memberitahu orang-orang disekitar anda bahwa anda sudah mulai atau sudah berhenti merokok. Biasanya orang-orang disekitar anda akan mendukung keputusan yang telah anda buat.

Loading...