Iklan Header Bone Terkini

Jokowi: Ibu Kota Pindah ke Sebagian Penajam Paser Utara dan Sebagian Kutai Kartanegara



BONE TERKINI, BONE - Setelah menimbulkan tanda tanya selama beberapa pekan terakhir, teka teki pemindahan Ibu Kota baru akhirnya usai. Presiden Joko Widodo mengumumkan lokasi ibu kota baru pada Senin siang, 26 Agustus 2019. Sesuai dengan penyampaian sebelumnya, Ia akan memindahkan Ibu Kota Baru ke Kalimantan.

Dalam konferensi pers yang digelar di istana kepresidenan itu, Jokowi mantap sampaikan akan melakukan pemindahan Ibu Kota Baru pengganti Jakarta ke Penajam Pasar Utara (PPU) dan kabupaten Kutai Kartanegara , Provinsi Kalimantan Timur.

"Lokasi paling ideal yaitu di sebagian Penajam Paser Utara dan sebagian  Kutai Kartanegara," ungkap Jokowi,

Lokasi ini dianggap oleh mantan gubernur Jakarta ini sebagai lokasi yang paling strategis. Selain dari segi geografis, juga lokasi tersebut sangat aman dari bencana, seperti gempa bumi, gunung berapi, tsunami, banjir, erosi, serta kebakaran hutan dan lahan gambut, juga sudah memiliki infrastrtuktur memadai.

"Ada beberapa alasan, di antaranya berdekatan dengan wilayah perkotaan yang sudah berkembang, seperti Balikpapan dan Samarinda Infrastruktur lengkap, tersedia lahan yang sudah dikuasai pemerintah," tambah Jokowi.

Pemindahan Ibu kota ini sendiri bertujuan untuk memperkuat fungsi pusat kegiatan nasional dan pusat kegiatan wilayah di kawasan timur sehingga bisa membantu mengurangi kesenjangan antara Kawasan Timur Indonesia dan Kawasan Barat Indonesia.


Loading...