Iklan Header Bone Terkini

Ojek Gabah, Transportasi Alternatif Pembantu Petani Masa Kini

Ojek Gabah, Transportasi Alternatif Pembantu Petani Masa Kini
Sumber: IG/ariefsyaifullah

BONE TERKINI, BONE -
Semakin hari perkembangan teknologi semakin pesat, bisa dilihat dari berbagai aspek seperti kemudahan-kemudahan dalam berkomunikasi, bertransaksi, termasuk pertanian.

Kehidupan masyarakat sekarang memang sangat dimudahkan dengan banyaknya teknologi canggih yang bermunculan. Pekerjaan yg tadinya bisa diselesaikan berhari-hari sekarang bisa selesai dalam hitungan jam.

Salah satunya adalah pekerjaan para petani dalam mengangkut gabah. Dulunya hanya memanfaatkan kuda untuk membawa hasil panen mereka tapi sekarang bertransformasi menggunakan motor yang akrab ditelinga sebagai "ojek gabah"

Meski ojek gabah sudah merambah di banyak daerah, tetapi masih ada beberapa daerah yang lebih memilih kuda dengan alasan supaya bisa meminimalisir pengeluaran, uang bensin bisa dialihkan untuk keperluan lain. Sangat logis karena kuda hanya butuh tenaga manusia, tidak seperti motor ojek yang butuh bahan bakar agar bisa beroperasi.

Akan tetapi, orang-orang ang lebih memilih ojek gabah juga punya alasan tersendiri, yaitu pekerjaan bisa selesai dengan cepat, dengan begitu bisa mengerjakan pekerjaan lain. 2 alasan yg sangat logis seakan membuat dilema para petani, hemat uang atau hemat waktu?

Namun, apapun sarananya, keduanya sangat membantu. Dan segala sesuatu memang ada plus minusnya.

Loading...