Iklan Header Bone Terkini

Punya Masalah Susah Tidur? Baca 7 Tips Ini untuk Mengatasinya

Punya Masalah Susah Tidur? Baca 7 Tips Ini



BONE TERKINI - Sekarang jaman sudah semakin maju. Teknologi pun ikut berkembang dengan pesat. Tapi, kita sering terlena dengan teknologi saat ini sampai-sampai lupa menjaga kesehatan sendiri. Salah satunya jam tidur.

Kira-kira kita sudah tidur berapa jam per hari? 3 jam? 4 jam? 5 jam? Atau tidak tidur sama sekali? Apa yang membuat tidur kurang? Main game? Lembur? Tidak bisa tidur? Atau ada kegiatan lain? Tapi tahu kah bahwa sangat banyak penyakit yang disebabkan oleh kurang tidur. Seperti:

1. Kesehatan terganggu
2. Jantung terganggu
3. Meningkatkan resiko kanker, obesitas, dan diabetes
4. Menjadi pelupa
5. Hormon seks menurun
6. Masalah berpikir
7. Mempercepat penuaan dini

Terus berapa jam yang diperlukan manusia untuk tidur? Untuk jam tidur, dapat kita kelompokkan berdasarkan usia. Untuk lebih detailnya, lihat dibawah ini:

Usia 0-11 bulan : durasi tidur 12-17 jam per hari
Usia 1-2 tahun : 11-14 jam per hari
Usia 3-5 tahun : 10-13 jam per hari
Usia 6-13 tahun : 9-11 jam per hari
Usia 14-17 tahun : 8-10 jam per hari
Usia 18-64 tahun : 7-9 jam per hari
Usia 65 tahun ke atas: 7-8 jam per hari


Terus gimana kalau kita susah tidur? Tenang, ini dia 7 tips agar mudah tidur.

1. Makan makanan berat, mengonsumsi buah, minum minuman hangat dan hindari minum minuman berkafein dan beralkohol sebelum tidur

Ada pun makan makanan berat yang saya maksud disini yaitu makan makanan berlemak atau pedas 4 jam sebelum tidur. Nah jika kamu lagi diet dan tidak ingin makan makanan berat, kamu dapat menggantinya dengan makanan dan minuman yang ringan di perut seperti yogurt atau susu yang kaya kalsium. Satu hal lagi, kamu juga harus menghindari tuh yang namanya minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, atau minuman beralkohol sebelum tidur.

2. Mematikan lampu sebelum tidur
Mungkin cara ini sudah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Cara ini pula ternyata cukup ampuh untuk membuat kita tertidur dengan mudah. Waktu ideal untuk menerapkan cara ini yaitu sejam sebelum kita tidur.

3.  Mendengarkan musik berirama pelan
Cara ini juga cukup ampuh untuk membuat kita tertidur.

4. Mematikan Hp, komputer, dan televisi
Tujuannya agar perhatian kita tidak teralihkan serta membuat kita rileks dan mengantuk.


5. Menggunakan aroma lavender
Mungkin kita sering bertanya, mengapa pengharum ruangan atau obat nyamuk biasanya menggunakan aroma lavender? Ternyata salah satu alasannya yaitu selain wanginya yang enak, aroma lavender juga dapat membuat badan rileks dan menenangkan syaraf.

6. Berendam atau mandi air hangat sebelum tidur
Kita sering melihat film dimana orang-orang biasanya mandi pakai air hangat setelah pulang kerja atau sebelum tidur. Ternyata mandi menggunakan air hangat dapat membuat tubuh kita rileks. Menurut beberapa penelitian, jika tubuh terkena air panas lalu terpapar suhu yang dingin maka dapat membuat diri kita mengantuk. Waktu terbaik untuk berendam air hangat yaitu sejam sebelum tidur.

7. Membuat kondisi tubuh kita senyaman mungkin diatas tempat tidur
Tentu dengan membuat tubuh kita nyaman diatas tempat tidur, kita juga cepat mengantuk hehehe :D

Semoga tips ini bermanfaat.
Loading...