Iklan Header Bone Terkini

Rendahnya Minat Baca Generasi Muda di Era Milenial

Rendahnya Minat Baca Generasi Muda di Era Milenial
Ilustrasi


BONE TERKINI, BONE - Salah satu cara mendapat dan menggali informasi yang banyak adalah dengan memperbanyak membaca. Membaca merupakan kegiatan positif yang mesti dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan menjadikan aktivitas seseorang lebih produktif khususnya untuk generasi milennial.

Seiring dengan berkembang pesatnya dunia teknologi, di mana kebanyakan anak muda lebih memilih menghabiskan waktu dengan gadget untuk bermain game online atau hanya sekedar bermain sosial media. Fitur-fitur yang canggih di dunia teknologi menjadikan anak muda zaman sekarang mengabaikan buku-buku yang ada di perpustakaan.

Kita sering menjumpai perkataan orang bahwa buku adalah jendela dunia. Mengapa? Karena dengan membaca buku dapat membuka wawasan seseorang. Namun sayangnya, anak muda sekarang menganggap bahwa membaca buku hanya untuk mereka yang hobby membaca buku. Padahal tidak demikian. Membaca bukanlah hobby, namun membaca adalah kebutuhan.


Umumnya, terdapat dua faktor yang mempengaruhi krangnya minat baca anak muda yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor innternal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri sendiri. Misalnya kebiasaan,pembawaan dan kurangnya rasa ingin tahu. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri. Misalnya faktor lingkungan baik itu keluarga atau masyarakat. Selain keduat faktor yang umum tersebut, masih banyak faktor lain yang mempengaruhi kurangnya minat baca anak muda zaman sekarang khususnya pengaruh teknologi yang semakin canggih.

Ada banyak manfaat membaca buku yang akan di dapatkan diantaranya :
1. Menambah wawasan dan pengetahuan
2. Menambah perbendaharaan kosa kata
3. Meningkatkan kualitas daya ingat
4. Melatih diri untuk tarmpil dalam berpikir dan menganalisa
5. Mengurangi stress
6. Melatih cara menulis dengan baik
7. Memberikan motivasi hidup
8. Menghemat keuangan

Selain yang disebutkan diatas, masih banyak manfaat membaca buku lainnya yang bisa didapatkan. Perkembangan teknologi yang semakin canggih bisa saja terjadi. Namun jangan sampai minat membaca buku semakin menurun. Karena tanpa kita sadari, kita sedang dijajah secara halus melalui teknologi. Maka dari itu, sangat penting untuk meminimalisir penggunaan teknologi dan mulai untuk meningkatkan minat membaca kita.

Semangat membaca, salam literasi!

Loading...