Iklan Header Bone Terkini

27 Tahun Dibangun Andalkan Swadaya Warga, Kondisi Masjid di Pelosok Bone Memprihatinkan

Bertahun-Tahun Dibangun Andalkan Swadaya, Masjid di Pelosok Bone Butuh Uluran Tangan


BONE TERKINI, BONE - Al-Mujahidin, sebuah masjid di Dusun Tokella, Desa Bonto Masunggu, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone, yang dibangun sejak tahun 1990 tak kunjung rampung.

BACA JUGA: Viral! Pengantin Wanita Menangis dan Peluk Mantan Di Pelaminan, Ayahnya Mengamuk

Hingga kini, masjid tersebut hanya beralas tanah, tanpa jendela, dan beratap triplek.
Meski dibangun sudah sejak 27 tahun, masjid ini hanya menjadi angan-angan untuk dapat selesai.

Bagaimana tidak? Selama ini pembangunannya hanya mengandalkan swadaya atau hasil patungan dari warga setempat, sementara pekerjaan warga mayoritas petani dan juga peternak dengan penghasilan yang minim.

Setiap tahun pun, masyarakat berusaha menyisihkan penghasilannya untuk pembangunan masjid tersebut, namun kebutuhan material bangunan yang terlampau tinggi, sehingga pembangunan pun masih terus terbengkalai.

BACA JUGA: BKPSDM Bone Isyaratkan Tak Terima Berkas Fisik Pendaftaran CPNS

Tidak hanya itu, mahalnya biaya angkut material menjadi salah satua alasan mengapa masjid Al-Mujahidin ini belum mampu diselesaikan. Memang, Dusun Tokella berada di pelosok, untuk menuju ke sana, dari daerah terdekat membutuhkan waktu 1 jam perjalanan dengan jalan berbukit menanjak dan berbatu yang mulai tergerus hujan.

Belum lagi jika hujan turun, warga terpaksa tidak dapat beribadah di sana akibat air masuk melalui atap yang hanya terbuat dari bahan triplek ini dan membasahi seluruh bagian dalam masjid.

"Ketika musim hujan tiba kami tidak bisa menggunakan masjid, karena atap yang bocor membuat genangan air di dalam masjid", ujar Kismawan, seorang warga.

Mirisnya lagi, jika warga hendak melaksanakan ibadah salat Jumat, mereka harus salat ke masjid yang letaknya cukup jauh dari lokasi mereka. Bahkan tidak jarang, warga harus menempuh jarak 3 km atau 1 jam perjalanan berjalan kaki dengan medan pendakian tinggi.

BACA JUGA: Video Pengantin Wanita Menangis Usai Akad Viral di Medsos

Mari bantu saudara kita di Dusun Tokella untuk dapat segera membangun Masjid yang nyaman dan layak, dengan cara berdonasi langsung ke panitia pembangunan masjid. Dapat dihubungi melalui contact person 081354658680 atau 085242084504.

Bantuan juga dapat disalurkan melalui laman penggalangan dana kitabisa.com. Atau dapat langsung klik DI SINI untuk menuju halaman donasi untuk Masjid Al-Mujahidin di Dusun Tokella, Desa Bonto Masunggu, Tellu Limpoe.
Loading...

Tidak ada komentar