Iklan Header Bone Terkini

Inovasi Pemuda Bone di Bidang Pertanian Curi Perhatian Wagub Sulsel

Inovasi Pemuda Bone di Bidang Pertanian Curi Perhatian Wagub Sulsel


BONE TERKINI, BONE Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, menganggendakan khusus untuk berkunjung ke Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone, guna melihat inovasi anak muda di sana dalam bidang pertanian.

BACA JUGA: Info Pemadaman Listrik di Bone Hari Ini, Berikut Jadwal dan Lokasinya

Andalan, sapaan akrabnya, berkunjung ke Libureng hari ini, Kamis, 31 Oktober 2019, pukul 10.00. Sebelum ke Libureng, Wagub berkunjung ke  Desa Bongki Lengkese, Kabupaten Sinjai dalam rangka pemasangan listrik.

Andi Sudirman tertarik untuk melihat program irigasi alternatif berupa pompa air kincir untuk membantu petani yang mengandalkan sawah tadah hujan, terutama di musim kemarau seperti saat ini.

"Program irigasi alternatif untuk memanfaatkan aliran sungai guna mengairi lahan pertanian yang selama ini kebanyakan mengalami kekeringan dan jarang memanfaatkan aliran sungai," ungkap Ichsan, salah seorang anggota Pemuda Mahasiswa FKPPM BIMATRO dari Desa  Binuang-Mattiro Deceng, yaitu organisasi yang menjadi inisiator inovasi tersebut.

Menurut Ichsan, Wakil Gubernur awalnya belum tahu pasti apa program yang sedang mereka kembangkan, namun setelah dijelaskan, ternyata ia sangat tertarik.

BACA JUGA: Kreatif! Bantu Petani Hadapi Musim Kemarau, Pemuda di Libureng Bone Lakukan Ini

"Saya jelaskan (ke Wagub) ini lahir dari organisasi pemuda mahasiswa FKPPM BIMATRO Libureng Bone. Murni dari anak muda." Ungkap Ichsan.

Program Kincir ini sendiri, lanjut Ichsan, sudah ada 2 unit di Libureng. 1 unit merupakan bantuan pendanaan dari Bank Indonesia, sedang 1 lainnya dari swadaya kelompok tani.

"Dapat apresiasi dari Pak Wagub. Rencananya saya akan buat proposal embung dan pipanisasi untuk dikawinkan dengan program ini guna menunjang keberhasilannya," ujarnya.
Loading...

Tidak ada komentar